Thursday, March 14, 2013

Why We Should Post an App Review on AppStore/ GooglePlay Using Our Native Language

Hello everyone, suddenly want to post something ;)
After, I read an article on makemac.com about why we must post review with our native language. I got an inspiration to re-post it here. However, I won't just copy-paste it right here. That's just not my style. So, for my post today. I'll post in Indonesian Language. For you who curious about to read the article, just click the change language button. Hope Google translate can do the translation well for this time :) If it doesn't work properly, don't hestitate to drop your question :)

Anyway, I have a bit information why I love to post using English language. Firstly, that's caused by English is an International language, though my grammar isn't perfect, but I still keep learning. So, for you who read my posts. If you find something wrong with my grammar. Don't hestitate to correct my mistakes. I really appreciate that.
Secondly, sometimes Google Translate gone drunk... lol I mean Google Translate doesn't translate the Indonesian based text 100% correctly, and that's make the word has mistranslation with different meaning in other languages. Those my reasons, why I like to write using English language.

FYI,currently, I'm living on Indonesia. So this article is based to Indonesian AppStore. I used android phone too, however I only use it for sending sms or calling only. ;) for this time, the main target here is AppStore only.



Oke, menurut artikel yang saya baca dari makemac.com sudah seharusnya kita meninggalkan review di AppStore setelah kamu mendownload/ membeli suatu app/lagu. Kenapa?
Sama seperti yang dikatakan di makemac, ada beberapa alasan:
- Yang pertama ini alasannya mungkin sedikit konyol, untuk mendapatkan jempol pada reviewmu. Jika kamu meninggalkan review pada AppStore, akan ada pertanyaan di bawah review yang berbunyi "Is this review helpful?" Sebuah jempol dari orang lain akan membuatmu senang atas penghargaan yang orang itu berikan untukmu, apalagi jika yang memberi jempol lebih dari 5 orang, bangga pasti rasanya... Hehehe..

- Kedua, menyelamatkan orang lain dari app penipu. Setahu saya Apple memang bisa merefund uang kita kembali jika app yang kita beli tidak sesuai dengan apa yang dideskripsikan atau bersifat menipu. Andai kata hal itu terjadi pada kita, jangan biarkan orang lain mengalami hal yang sama... Jangan bilang "Biar tahu rasa juga mereka, mengalami hal yang serupa kaya gue... wkwkwk"" Ga boleh ya :P segera tinggalkan review pada app tersebut, dan untuk kasus ini jangan tinggalkan nilai rate bintangnya saja tanpa meninggalkan sepatah kata pun pada kolom review. Hanya mengklik 1 bintang, selesai.... NO NO BIG BIG NO! Perlu diketahui rating bintang hanya akan ditampilkan jika app tersebut mendapatkan setidaknya 5 rating dari para reviewer. Kalau begitu secara tidak langsung, akan ada 4 orang lagi yang tertipu untuk bisa membuktikan bahwa app tersebut palsu. Namun jika kamu meninggalkan review bintang yang disertai kata-kata, reviewmu akan segera tampil dalam waktu kurang lebih 24 jam. Walaupun hanya ada 1... Keren kan sendirian nongkrong di bagian review... Kalo bahasa kerennya pertamax gan :P

- Membantu pengembang aplikasi, nah developer itu manusia biasa lo, manusia mana yang ga senang kalau dipuji. Tinggalkan review yang baik, jika memang gamenya kurang bagus jangan langsung dicela. Ingat tidak ada hal yang sempurna di dunia ini. Tinggalkan review dengan kata-kata yang sopan, berikan kritik dan saran yang membangun agar ke depannya game tersebut bisa diperbaiki. Jika rating app tersebut tinggi, maka penjualannya bertambah. Developer pun semakin semangat membuat games/ aplikasi baru. Kalau developer banyak dicela lalu ngambek, AppStore bakal sepi lho... :P ntar mau main apa??!!?

Nah kalo yang ini tips-tips meninggalkan review yang baik:

- Selama ini saya memang sering meninggalkan review saya di AppStore dengan bahasa Inggris, karena dulu saya pikir developer bisa membaca review dari saya #lol #konyol. Nyatanya memang bisa jika developer tersebut menswitch (merubah) region AppStorenya ke region kita Indonesia. Tentunya agak mustahil, mengingat biasanya developer-developer menggunakan US AppStore (ini juga yang mengganggu saat ada pembagian giveaway US iTunes Gift Card >o< ga punya US account ToT) kecuali untuk developer lokal.
Kesimpulannya, yang akan membaca ya sesama komunitas pengguna AppStore Indonesia juga. Jadi kalau bisa pakai saja bahasa Indonesia, amat membantu untuk orang tua yang ga ngerti bahasa Inggris kalau kalau mereka juga ingin beli di AppStore, mungkin saja mereka bingung saat membaca deskripsinya namun setelah membaca review mu mereka menjadi sangat terbantu. Lebih berjasa dari pada spiderman... *Lho?

- Kedua, tanpa menyinggung perasaan para pembaca, tolong jangan tinggalkan review hanya sepatah dua patah kata saja seperti mantab, nice, oke nih! Itu bukan review :P itu sama sekali tidak membantu menjelaskan seperti apa game/ apps yang kamu pakai. Memang menulis review tidak harus panjang, yang penting singkat padat dan menjelaskan. Jangan lupa ucapkan terima kasih pada developer yang sudah bekerja keras membuat app tersebut





Contoh review yang baik:

- Apps ini bagus, kamu akan bermain sebagai pangeran yang menyelamatkan putri yang diculik. Rintangan-rintangannya amat seru dan menantang. Grafisnya juga menarik walaupun bergaya retro. Soundnya juga enak didengar. Overall, good job developer. Waiting for the next update.


- Apps ini membantu saya menyusun daily journal, pekerjaan saya tidak lagi terbengkalai karena adanya apps ini. Fitur reminder dan alarm membuat saya selalu tepat waktu. Apalagi apps ini juga sudah terhubung ke dropbox dan google docs. Dengan harga yang cukup murah saya bisa mendapatkan aplikasi yang amat bermanfaat. Good job, developer. Thanks
UI (User Interface): 4/5
Feature: 4.5/5
Value: 4/5

Contoh review yang kurang baik:

Bagus!
(Ah... bagus di mananya?? tolong jelaskan donk... nulis review di AppStore ga perlu panjang-panjang kok... 3-4 kalimat saja sudah cukup asal menjelaskan, ga akan sampai 5 menit juga selesai)

Bah... Jelek amat nih app! 
(Tolong dijaga kata-katanya, belum tentu anda bisa membuat seperti itu. Jika anda yang menjadi developernya dan mendapat pencelaan yang kasar, apa yang anda rasakan?)

5 Bintang asal no IAP
(Developer juga manusia dan butuh makan.... Mendevelop suatu app sampai bisa masuk ke jajaran pasar AppStore bukan perkara mudah yang hanya sehari dua hari selesai. Jangan tulis di review kaya gitu donk.. kesannya ga ikhlas.. :p Developer membuat app free to play dengan alasan agar semua orang bisa ikut main, ketika terdapat IAP belilah sesekali. Jika belum terlalu mampu belilah IAP termurah untuk support developer hanya 9500 sama seperti semangkok mie ayam, apalagi jika itu developer lokal support ya. Kalau ga punya kartu kredit ya berdoa saja, kasih semangat ke developernya... XD .Dan jika ada iklan klik lah sesekali. 
Namun, jika iklannya pop ups terus menerus memang kesal sih (1 menit pop ups sampai 10x, dan pop ups di tengah2 game berlangsung dan game yang lagi kamu mainkan adalah endless runner atau tap tap rhythm... *Arrghhh... Oke, untuk kasus ini pengecualian, biasanya pada update selanjutnya developer akan mengurangi durasi ads, karena ads terlalu banyak juga mengurangi jumlah download)
Kalian tentunya ingin mobile gaming di Indonesia berkembang kan? Kalau iya lakukanlah, support dan pujian yang membangun akan menjadikan developer lebih semangat untuk berkarya )

Ih, appnya ripped off nih, bagusan juga game x daripada game ini udah gitu crash terus-terusan. Payah!
(Aduh-aduh ini lebih-lebih lagi No no no, jangan membandingkan 2 app yang ada, sekalipun terlihat mirip namun pasti ada perbedaan, pujilah yang menjadi kelebihan dari apps tersebut. Jika apps tersebut mengalami crash, tidak apa-apa ditulis dalam review, tulis juga di mana letak crashnya, (crash pada saat.... ) sehingga user lain bisa mengetahui hal itu dan ikut melaporkan dengan menggunakan App Support. Kemudian, gunakan tombol App Support yang akan menghubungkan situs resmi developer app tersebut. Gunakan fasilitas contact us pada web tersebut untuk memberitahukan keluhanmu. Developer akan sangat senang dan menghargai hal itu, mereka juga merasa terbantu sekali. Itu menunjukkan bahwa apresiasi pengguna pada app mereka cukup bagus. Selain itu biasanya laporan yang ditujukan langsung pada developer akan lebih cepat ditanggapi dan versi update (fixing the bug) muncul lebih cepat. Saya sendiri sudah mencobanya, dan hanya satu hari update perbaikan crash sudah keluar.. :)

Wah ribet amat sih, cuma tulis review aja banyak aturannya. Ngga lah, semua ini demi kebaikan kita bersama. O, ya jangan karena kelihatan ribet karena acara nulis review segala kalian jadi jailbreak iDevices kalian lho... *Kan gampang ga perlu nulis review2 segala kalo jailbreak* | *-_- ga harus segitunya lah
Ingat hargailah karya orang lain, mungkin kamu belum merasakan, tapi suatu saat kalian akan tahu pahit rasanya mengetahui karya kalian dibajak oleh orang lain.. :) 
Dan terima kasih karena sudah mau membaca postingan saya kali ini. . . Happy reviewing!

O, ya kalau kalian bingung mencari referensi games yang bagus di AppStore silakan kunjungi GameSaku
Tidak hanya iOS games saja, ada juga review untuk Android games.. Try to visit ya!
Stay tune juga buat artikel-artikel blog ini selanjutnya.... :D

Note: I'm not a developer, but I really appreciate and honor other people's works. First time I bought my iPad, the seller also jailbroken it too. I was too newbie and I didn't know how to use AppStore. The seller told me to download the apps from installous, and I agreed that. Few months later, I learned anything that related into iPad, Apple, AppStore and Jailbroken devices properly, and then I knew that's not good to jaibroken a device also illegal too. So, I decided to upgrade my iOS into iOS 5.1 at that time, n began to buy the apps from AppStore and never think to jailbreak my device again. For you who has jailbroken your devices, it's your decision and up to you to jailbreak your devices or not, but at least keep buying the apps from AppStore for supporting the developer, use the installous for trying an app only.

No comments:

Post a Comment

If you think my post is helpful, left your comment below.. Thanks

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...